Langkah pertama dalam jurnalku (benerin mouse dan gamepad)

Suatu hari liat 2 benda yang dah lama rusak (mouse dan game pad) dan tiba-tiba kepikiran buat benerin.
Langkah pertama ngebenerin tgl 17-05-2013.

Kerusakan:

Dugaan awal yang rusak kabel (putus) di sekitar USB nya karena sebelumnya digoyang-goyangin kadang masih dapat bekerja mouse dan gamepadnya

Plan:

  • Nyatuin mouse dan game pad itu dengan hub USB (yang udah gak kepake). 
  • Hub USB dibongkar dan dilepas 1 port USB femalenya. 
  • Pcb hubnya dibuat port dan pada kabel mouse dan gamepad dibuat port femalenya

Pengerjaan:

  1. mula-mula kabel disekitar usb yang kira-kira putus saya potong. 
  2. kemudian mouse dan gamepad dibongkar dan ditest tiap kabel menggunakan multimeter apakah masih menyambung atau tidak. 
  3. setelah itu saya mulai menyambung kabel tersebut dengan solder dan dimasukkan ke port female.
  4. Selanjutnya saya solder port male ke PCB hub yang telah di bongkar. 
  5. kemudian saya hubungkan port male dan female dan langsung menghubungkan hub yang telah dibongkar-bongkar tadi ke port USB laptop. 
  6. dan alhasil mouse dan game pad tetap didak dapat bekerja karena ternyata ada kesalahan urutan dari 4 kabel yang ada.

Kesimpulan:

sebelum nyambungin kabel USB sebaiknya diperiksa dulu urutannya :D

Langkah berikutnya:

sepertinya saya akan mencari referensi urutan kabel usb dan memulai lagi proyek perbaikan ini :D

1 komentar

Diberdayakan oleh Blogger.